LOKAKARYA MINI TRIBULAN PENURUNAN STUNTING DI KECAMATAN JAKENAN TH.2023

Jumat, 17 Mar 2023 | 13:24:07 WIB - Oleh Administrator


JAKENAN, Bertempat di aula pertemuan Puskesmas Jakenan Selasa (28/02/2023) diadakan Lokakarya Mini Tribulanan pertama, Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting di Kecamatan Jakenan Tahun 2023. Dihadiri Camat Kec Jakenan dan Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Jakenan, KaPolsek DanRamil Jakenan, Kepala Desa Se Kec Jakenan, Juga Kepala UPT KB & Kepala KUA Kecamatan Jakenan serta Pkk Kecamatan.

Rangkaian acara berjudul Lokakarya Mini Tribulanan Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kecamatan Jakenan, terinci disampaikannya Sambutan Camat Jakenan, penyampaian Penyuluhah Stunting, dan Paparan Penyuluhan KB. Camat Jakenan Yogo Wibowo, AP dalam sambutannya berterimakasih serta mengucapkan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan Lokakarya mini ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, serta mengajak seluruh elemen untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam upaya percepatan penurunan stunting di wilayah Kecamatan Jakenan.

Kepala Puskesmas Jakenan, Murtiningsih Rahayu, S.Tr.Keb menuturkan, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Anak tergolong stunting apabila panjang atau tinggi badan menurut umurnya lebih rendah dari standar nasional yang berlaku. Standar dimaksud terdapat pada buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).
Permasalahan ini diawali sejak bayi dalam kandungan karena orangtuanya kekurangan gizi, katanya. Kondisi Stunting sendiri bisa nampak setelah bayi berusia 2 tahun. Hal ini disebabkan kurangnya pengetahuan ibu hamil dalam menjaga kesehatan kehamilannya.
"Oleh karena itu, diharapkan ada rasa kepedulian para kader untuk selalu mengingatkan para ibu hamil yang ada di wilayahnya agar rajin memeriksakan kandungan dan menjaga pola makannya dengan gizi seimbang," pungkasnya.

Stunting merupakan isu nasional yang dalam hal ini disikapi secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Pati kususnya Kecamatan Jakenan. Presiden Joko Widodo telah mencanangkan pada tahun 2045 nanti Indonesia harus menjadi Indonesia emas. Presiden ingin pada tahun 2045 nanti Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi 5 besar di dunia. Harapannya dengan adanya lokakarya mini penanganan stunting ini seluruh stakeholder di Pemerintah Kabupaten Pati kususnya Kecamatan Jakenan segera melakukan koordinasi untuk penurunan angka stunting. Kita harus kerja cepat, sinergi dan terstruktur untuk penurunan angka stunting.(ponci@jakenanNews)